Laporan Pendahuluan Analisa Gas Darah (AGD)

A.  Definisi.
Analisa gas darah adalah salah satu tindakan pemeriksaan laboratorium yang ditujukan ketika dibutuhkan informasi yang berhubungan dengan keseimbangan asam basa pasien. Hal ini berhubungan untuk mengetahui keseimbangan asam basa tubuh yang dikontrol melalui tiga mekanisme, yaitu sistem buffer, sistem respiratori, dan sistem renal (Wilson, 1999).
Pemeriksaan analisa gas darah dikenal juga dengan nama pemeriksaan “ASTRUP”, yaitu suatu pemeriksaan gas darah yang dilakukan melalui darah arteri.
Tempat pengambilan darah arteri :
1.    Arteri Radialis, merupakan pilihan pertama yang paling aman dipakai untuk fungsi arteri kecuali terdapat banyak bekas tusukan atau haematoem juga apabila Allen test negatif.
2.    Arteri Dorsalis Pedis, merupakan pilihan kedua.
3.    Arteri Brachialis, merupakan pilihan ketiga karena lebih banyak resikonya bila terjadi obstruksi pembuluh darah.
4.    Arteri Femoralis, merupakan pilihan terakhir apabila pada semua arteri diatas tidak dapat diambil. Bila terdapat obstruksi pembuluh darah akan menghambat aliran darah ke seluruh tubuh/tungkai bawah dan bila yang dapat mengakibatkan berlangsung lama dapat menyebabkan kematian jaringan. Arteri femoralis berdekatan dengan vena besar, sehingga dapat terjadi percampuran antara darah vena dan arteri.

B.  Tujuan.
Analisa gas darah memiliki tujuan sebagai berikut (McCann, 2004):
1.  Mengetahui keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.
2.  Mengevaluasi ventilasi melalui pengukuran pH, tekanan parsial oksigen arteri (PaO2), dan tekanan parsial karbon dioksida (PaCO2).
3.  Mengetahui jumlah oksigen yang diedarkan oleh paru-paru melalui darah yang ditunjukkan melalui PaO2.
4.  Mengetahui kapasitas paru-paru dalam mengeliminasikan karbon dioksida yang ditunjukkan oleh PaCO2.

5.  Menganalisa isi oksigen dan pemenuhannya serta untuk mengetahui jumlah bikarbonat.


Selanjutnya download dibawah :
4shared : klik disini
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Laporan Pendahuluan dengan judul Laporan Pendahuluan Analisa Gas Darah (AGD). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://hallonurse.blogspot.com/2015/08/a.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 20 Agustus 2015

Belum ada komentar untuk "Laporan Pendahuluan Analisa Gas Darah (AGD)"

Posting Komentar